Senin, 12 Desember 2011

BAYAM ROUND ABOUT


BAYAM

Selain kaya zat besi dan vitamin A, teksturnya yang lembut dengan rasa yang lezat membuat bayam dapat diolah menjadi jenis hidangan apapun. Baik ditumis, disayur bening, disalad, dimasak sup, atau bahkan topping untuk pizza.

Dari mana berasal?
Bayam berasal dari Timur Tengah. Pada abad kedelapan, sayur ini dibawa ke Spanyol dan dari sana menyebar ke seluruh Eropa. Di Inggris, bayam terkadang disebut sebagai spanish vegetable (sayuran spanyol).

Ragam Jenis
Ada uda jenis bayam: yang berdaun datar dan berombak. bentuk bayam berdaun datar lebih lebar dan bulat, sementara daun yang lebih muda (baby spinach) lebih lembut dan halus.

Manfaat kesehatan
Bayam kaya akan zat besi, vitamin B dan C serta betakaroten. Agar semua manfaat kesehatan ini tidak hilang karena pengolahan yang salah, konsumsi bayam dalam bentuk mentah (lalap) atau kukus.

Tip-tip Seputar Bayam

Tip Membeli Bayam:
Di pasar tradisional, bayam lazim dijual dalam satuan ikat atau dubungkus dalam kemasan plastik bila Anda membelinya di pasar swalayan. Untuk mendapatkan bayam dengan kualitas baik, selalu perhatikan kondisi daun bayam yang Anda beli. Daunnya harus berwarna hijau gelap dan segar, tidak kekuningan, layu atau kering. Belilah bayam secukupnya, sesuai dengan kebutuhan Anda karena sayur ini tidak dapat disimpan dalam waktu lama.

Tip Meyimpan Bayam:
Bayam dapat disimpan di dalam lemari pendingin selama dua hingga tiga hari. Saat disimpan, sayur ini tak perlu dicuci terlebih dahulu. Kendati begitu, bayam sebaiknya diolah dalam keadaan segar, tak lama setelah Anda membelinya. Jangan lupa untuk membersihkan bayam sebelum dimasak.

Tip Membersihkan Bayam
:
Pertama-tama lepaskan bayam dari ikatannya dan hilangkan bagian batang yang keras. Cuci daun bayam di dalam baskom dengan air dingin berulang kali, hingga tak ada lagi kotoran yang tersisa di dasar baskom. Jangan rendam bayam terlalu lama di dalam air agar tak cepat layu.

Tip Memasak Bayam:
Memasak bayam tidak memakan banyak waktu. Cukup direbus di dalam air panas atau dikukus selama beberapa detik. Memasak bayam terlalu lama, termasuk juga memanasi makanan yang mengandung bayam, bisa membuat zat besi Fe2 di dalam bayam teroksidasi menjadi Fe3 yang bersifat toxid. Selain itu, hindari pula memasak bayam menggunakan panci aluminium karena bisa menimbulkan reaksi dengan zat besi yang ada di dalam bayam dan menghasilkan racun.

Tip Mengonsumsi Bayam:
Jangan pernah mengonsumsi bayam lebih dari lima jam. Bayam mengandung zat nitrat yang bila teroksidasi oleh udara akan berubah menjadi nitrit. Celakanya, nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, berbau dan bersifat racun bagi tubuh. Nitrit dapat membuat jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen, selain dapat meyebabkan kanker. Untuk menghindari kemungkinan keracunan bayam, masaklah sayur ini dalam porsi kecil, sebaiknya untuk porsi satu kali konsumsi.

Tidak ada komentar: