Senin, 12 Desember 2011

TIPS MENGOLAH IKAN DG TAUCO


Taoco adalah hasil fermentasi kedelai yang biasa dipakai untuk bumbu masakan. Cara membuat taoco sangat sederhana. Kedelai direbus lalu dicampur ragi. Kemudian direndam dalam air garam beberapa hari. Selama perendaman itu, taoco harus dijemur. Taoco disebut jadi ketika air sudah mengering dan aromanya sudah tajam.

Aroma yang tajam inilah yang kemudian digunakan untuk mempersedap masakan. Pemakaiannya tidak perlu banyak karena sudah sangat tajam. Untuk satu porsi masakan, hanya dibutuhkan 2-3 sendok makan taoco. elain karena aromanya sudah sangat tajam, taoco umumnya sangat asin karena dibuat dengan cara direndam garam.

MACAM-MACAM TAOCO
 
Jenis taoco dibagi menurut rasanya. Ada taoco rasa asin, manis, pedas, dan manis pedas. Taoco mana yang dipilih untuk membuat masakan kita, sangat tergantung pada jenis masakan kita. Masakan yang gurih tentu lebih pas kalau menggunakan masakan asin. Sementara masakan bercita rasa manis sebaiknya menggunakan taoco manis. Dan seterurnya. Selain menyesuaikan dengan cita rasa masakan, selera kita tentu ikut menentukan. Ada orang yang lebih suka taoco rasa asin. Yang lain bilang, taoco yang pedaslah yang enak.

Jenis Masakan Dengan Taoco
Hampir semua bahan masakan seperti tahu, tempe, sayur, daging-dagingan bisa dimasak bersama taoco.

Seafood yang paling cocok
Segala jenis seafood enak dibumbui taoco. Mulai dari kerang, cumi, udang, sampai ikan cocok dimasak dengan taoco

Cara mengolah taoco
Taoco bisa dimasak dalam tumisan, masakan berkuah, atau dijadikan sambal. Jika didalam tumisan, taoco digoreng bersama bumbu halus. Didalam masakan berkuah, taoco langsung dimasukkan/direbus saja didalam kuah. Kadang sebelumnya ditumis dahulu. Taoco juga kacang dijadikan saus dan diguyurkan diatas seafood goreng atau bakar

Sebelum diolah, taoco boleh diblender dulu sampai halus supaya rasanya lebih menonjol atau ada juga yang mengukusnya dulu dengan bawang putih yang sudah dilumatkan.

Tips sederhana:
  • Pilih ikan yang dagingnya masih kenyal, matanya tidak merah, tidak berlendir, dan tidak berbau. Hati-hati ikan yang diformalin agar kelihatan segar. Ikan seperti ini sama sekali tidak dihinggapi lalat.
  • Cara penyimpanan. Bersihkan ikan lalu simpan dalam wadah tertutup dan masukkan freezer. Ingat, satu wadah hanya dimuati sejumlah ikan yang cukup untuk dimakan saat itu. Supaya ikan yang lain tidak harus ikut dicairkan.
  • Cara mengolah. Dibuat sup, soto, ditumis, digoreng, dan dibakar/dioven

Tidak ada komentar: